Tour Manado

Dianugerahi Doktor Honoris Causa  Gubernur Olly Idolakan Sang Pahlawan Nasional  DR. Sam Ratulangi

ODCNews.net

Sulut – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menganugerahkan Doktor Honoris Causa Bidang Ilmu Manajemen kepada Prof. (HC) Olly Dondokambey SE yang juga adalah Gubernur Sulawesi Utara kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Unsrat Manado, Kamis (21/09/2023).

Dalam pemaparan orasi ilmiahnya di depan Rektorat dan senat Unsrat, Prof. Olly Dondokambey menyampaikan dan mengangkat Letak Provinsi Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang ke Asia Pasifik yang secara geopolitik dan geostrategis Sulut memiliki keunggulan kompetitif dalam berbagai getwey perdagangan internasional ini  menjadi visi pembangunan Sulut untuk percepatan pembangunannya dimana hal ini tertuang dalam prioritas pembangunan daerah jangka pendek dan jangka panjang menengah.

“Saat saya terpilih sebagai Gubernur memimpin Sulawesi Utara Tahun 2016 sangat terinspirasi dengan tokoh nasional yang merupakan putra daerah yaitu DR. Sam Ratulangi dengan konsep visioner yang melihat posisi strategis Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia di Asia Pasifik,” tutur Prof Olly Dondokambey.

Menurutnya sebelum kemerdekaan Republik Indonesia DR Sam Ratulangi sudah menulis pada tahun 1937 akan potensi alam serta kedudukan strategis Provinsi Sulut yang berada di bibir Pasifik dan itu terbukti dimana banyak nama-nama tempat di Sulut yang dijadikan sejarah.

“Cita-citaku sampai puncak gunung kelabat tapi sayang cuma sampe kaki gunung kelabat,” ujar Prof. Olly Dondokambey.

Kesempatan ini juga Dondokambey mengangkat data statistik Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2016-2022 yang mengalami pertumbuhan di berbagai sektor

Ditemui usai pemberian Gelar Doktor Honoris Causa Gubernur menyampaikan terimakasih kepada Unsrat Manado karena disaat Provinsi Sulut akan memperingati HUT yang ke-59 dirinya mendapatkan Gelar kehormatan dirinya bersyukur dan berharap nantinya akan banyak lagi putra putri Sulut yang akan diberikan Gelar serupa.

Sementara itu Rektor Unsrat Berty Sompie yang ditemui Sulut1news.com mengatakan bahwa pemberian Gelar kehormatan ini karena melihat apa yang telah dikerjakan seorang Gubernur dimana telah disampaikan dalam orasi ilmiahnya dan itu yang menjadi penilaian pihak Rektorat dan Senat Unsrat Manado.

“Sepanjang sejarah Unsrat baru kali ini Unsrat memberikan penghargaan Honoris Causa karena melihat pak Gubernur waktu bersama saya ke China dia diberikan Gelar Professor Honoris dan ini juga menjadi bahan penilaian kami,” terang Berty Sompie.

Menurutnya bahwa seorang Putra daerah Sulut Olly Dondokambey telah layak diberikan penghargaan yang luar biasa dari Universitas luar negeri dan hal ini juga menjadi satu evaluasi kami

“Beliau mempunyai karya-karya yang luar biasa baik itu untuk Provinsi dan juga untuk dunia pendidikan,” ungkap Sompie.

(Yudi Bastian)

About Marhaen

Check Also

Gelar Upacara HUT Ke-401 Kota Manado,  Walikota Angouw  Berharap Masyarakat  Bergerak Cepat  Menjadikan Kota Manado Lebih Baik

, ODCnews.com Manado – Pemerintah Kota Manado mengadakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT Kota …