Tour Manado

Dampak Debu Vulkanik Gunung Ruang, Kepsek Salmon C Rosang : Bila Ada Orang Tua Yang Ingin Menjemput Anaknya Untuk Pulang Itu Lebih Baik 

ODCnews.com

Manado- Letusan Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro,  Sulawesi Utara (Sulut), kembali’ terjadi pada hari Selasa (30/04/2024) dini hari,sesuai edaran yang disampaikan  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Mitigasi Be (PVMBG)  lontaran abu vulkanik Gunung Ruang mencapai 5 km.

Kota Manado pun tak lepas dari  hamburan debu vulkanik. Langit Kota Manado sejak pagi tadi berubah menjadi warna gelap, Debu ini  juga berdampak kepada para siswa yang sudah terlanjur datang ke sekolah.

Walikota Manado, Andrei Angouw  lewat Dinas Pendidikan Kota Manado,  mengambil langkah antisipatif dengan cepat dan meminta siswa-siswi sekolah di kota Manado untuk segera dipulangkan.

Instruksi ini juga langsung ditanggapi kepala sekolah SMP N 1 Manado  Salmon C Rosang MM, menurutnya abu vulkanik Gunung Ruang saat ini memenuhi halaman Sekolah kami, hal tersebut menggangu aktivitas belajar mengajar.

” Saat ini  ini aktifitas belajar di sekolah kami untuk sementara telah di hentikan, namun bila ada orang tua yang akan menjemput anak untuk pulang ke rumah itu lebih baik,” Jelas Kepsek Rosang.

“Rabu esok nanti akan ada pemberitahuan selanjutnya sambil berharap cuaca esok sudah membaik, kita berdoa bersama semoga semua akan baik baik saja, ”Jelasnya pula.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat telah terjadi erupsi yang melontarkan abu vulkanik setinggi lima kilometer dari pusat kawah Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengatakan erupsi itu terjadi pagi ini pada pukul 08.35 WITA dengan kolom abu tebal berwarna kelabu hingga hitam mengarah ke timur dan selatan.

(Bastian)

About Marhaen

Check Also

Terima Kunker 40 Anggota Komisi IX DPR RI, Wawali Sualang Jelaskan Kondisi Kota Manado Terkini

ODCnews.com Manado -Komisi IX DPR RI yang membidangi masalah Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kependudukan, melakukan …