Tour Manado

16 Nelayan Tangkap Terima Sertifikat Tanah Gratis, Wali Kota Angouw, Legalitas Ini Dimanfaat Dengan Baik Jangan Pe Dapat Kong Langsung Jual 

ODCnews.com

Manado – Sebanyak 16 Nelayan Tangkap  di Kota Manado   secara cuma-cuma menerima sertifikat hak kepemilikan Tanah yang diserahkan oleh Walikota Manado Andrei Angouw, pada Jumat (22/03/2024) diruang pertemuan X Kantor DPRD Kota Manado.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Manado, merupakan  program pemerintah pusat lewat Kantor Badan  Pertanahan Kota Manado (ATR/BPN) yang dikhususkan buat pelaku usaha, petani dan nelayan yang belum mempunyai sertifikat tanah.

Dalam sambutan pembuka Kepala Dinas DPKP Manado M.Sofian menjelaskan, untuk program sertifikat gratis di Kota Manado,  merupakan program dari Presiden Jokowi  untuk kota manado mendapat jatah yang masuk ke kantor DPKP Manado adalah nelayan tangkap. Kadis Sofian juga menjelaskan di Kota Manado ada yang namanya nelayan tangkap dan nelayan budidaya air tawar, air payou dan nelayan pengelola hasil perikanan untuk  program saat ini menyentu pada usaha nelayan tangkap.

” Ada banyak yang mengajukan permohonan namun yang memenuhi syarat hanya 16 Nalayan Tangkap dari kecamatan Malalayang,  yang  berhasil melewati verifikasi, ini merupakan Program tahun 2023 namun baru terealisasi pada tahun ini.” Terang Kadis  Sofian.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Badan Pertanahan Kota Manado Manado Alexander Wowiling menjelaskan,” Untuk Kota Manado sendiri,  program sertifikat gratis dikhususkan bagi para pelaku  usaha petani dan nelayan, khusus untuk Kota Manado yang di ajukan BPN adalah jenis usaha nelayan tangkap.

” Sebetulnya program dari BPN sendiri, tujuannya untuk mendaftarkan seluruh bidang tanah yang ada di Negara Republik Indonesia, namun secara khusus pemerintah mengalokasikan anggaran untuk para pelaku usaha kecil degan tujuan meningkatkan pendapatan usaha petani dan nelayan,” Jelas Wowiling.

Sedangkan menurut Walikota Andrei Angouw, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Kementerian ATR/BPN yang telah mengadakan program ini bersama  Kementerian Kelautan Dan Perikanan.

Dijelaskan, adanya  program ini bisa di pergunakan sebaik-baiknya oleh  masyarkat kota manado khususnya para nelayan tangkap.

” Sertifikat ini merupakan legalitas tempat tinggal  kalau di Amerika ini namanya  American Dream yang menjadi impian warga di sana, karena di sana penduduknya hampir semua  pendatang,” Ujar Angouw.

” Jadi saya berharap agar Sertifikat yang di berikan oleh pemerintah di pergunakan sebagai mestinya, jangan pedapa ini sertifikat langsung pigi jual  kong kalo so jual  motimgal? kalo boleh ini  di jaga baik-baik  digunakan  untuk  membesarkan usaha terutama nelayan, misalnya membuat kapal lebih besar agar tangkapan ikannya lebih banyak.” Terang Angouw dengan dialek Manado. Penyerahan ini juga di saksikan oleh Sekretaris Daerah Kota Manado, Micler Lakat.

(Yudi Bastian )

About Marhaen

Check Also

Ketua KPU RI Dipecat, Langgar Kode Etik 

ODCNews.com Jakarta -Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) resmi menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada Ketua Komisi …