Tour Manado

Kerja Tidak Becus, Kadis Kesehatan Kabupaten Talaud Dicopot

 

ODCNews.com

Talaud – Aksi demo ribuan tenaga kesehatan di Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud berimbas pada di copotnya Jurry Jawali, M.Kes dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten yang di pimpin Bupati  Elly Engelbert Lasut.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Yohanis Kamagi usai menerima demontrasi dari ribuan tenaga kesehatan di Kantor Bupati.

“Pak Kadis dinilai tak bisa mengendalikan situasi ini, dan hari ini kita lakukan pergantian pimpinan di Dinas Kesehatan,” ujar Kamagi Senin (6/11/2023).

Dia mengatakan pergantian sudah ini ada surat penetapan dari Bupati Elly  Lasut.

“Sedianya pak Bupati sudah menandatangani sebelum berangkat, tapi karena kondisi ini sudah terjadi maka perlu ada pimpinan lebih tegas dalam menata keuangan,” jelasnya.

Sekda menganggap kejadian ini adalah sesuatu yang normatif, agar bisa saling mengoreksi kondisi yang terjadi saat ini.

Sebelumnya, Ratusan Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Kepulauan Talaud Sulawesi Utara mengadakan aksi demonstrasi.

Mereka menuntut gaji mereka sebagai ASN yang belum terbayarkan selama dua bulan.

Tak hanya itu Tenaga Harian Lepas (THL) juga belum dibayar selama 7 bulan.

Mereka awalnya berkumpul di Lapangan Sangkudiman pukul 08.00 WITA. Selanjutnya bergerak menuju kantor Bupati dan kantor DPRD Talaud.

Dalam orasi mereka meminta para pemimpin di Kabupaten Talaud memperjuangkan hak-hak mereka yang kini dirampas orang tak bertanggung jawab.

“Kami akan terus memperjuangkan gaji kami yang belum terbayarkan, dimana hati kalian para pemimpin,” ujar para pendemo.

Mereka mengatakan kondisi saat ini seperti bom meledak, karena sudah tidak mempunyai persediaan makanan untuk bertahan hidup.

“Kami hanya mengandalkan gaji, tapi sekarang kami mau bertahan dengan apa lagi, adakah empati dari para pemimpin?,” ujarnya.

Para pendemo meminta para petinggi, segera memberikan haknya. “Jangan biarkan mafia anggaran, menyengsarakan kami,” jelasnya.

 (*/Yudi Bastian)

About Marhaen

Check Also

Gelar Upacara HUT Ke-401 Kota Manado,  Walikota Angouw  Berharap Masyarakat  Bergerak Cepat  Menjadikan Kota Manado Lebih Baik

, ODCnews.com Manado – Pemerintah Kota Manado mengadakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT Kota …