Tour Manado

Ribuan Santri Masuk Kantor Gubernur Sulut Pondok Pesantren Putri Assalam  Juara Umum 

ODCNews.net

Sulut – Ribuan Santri yang ada di Sulawesi Utara (Sulut ) memadati pelataran Kantor Gubernur untuk mengikuti apel akbar dalam rangka  memperingati Hari Santri yang di selenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia pada Minggu (22/10/2023).

Dengan mengenakan pakaian khas Santri  sarung lengkap bersama baju koko dan peci hitam  untuk prianya sedangkan hijab putih untuk Wanitanya, para Santri yang datang dari berbagai pondok pesantren ini, dengan hikmat  melakukan upacara bendera yang di pimpin  oleh inspektur upacara mewakili  Gubernur Sulut yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah  (DPMDD) Darwin Muksin, SE, MSi.

Menurut ketua Panitia  Abid Takalamingan, untuk tahun ini  hari Santri di Sulut kita pusatkan di Kantor Gubernur, selain melaksanakan Apel bersama kita juga telah mengadakan lomba antara para santri dengan berbagai hadiah yang disiapkan oleh Panitia.

“Saya menyampaikan terimakasih dan  rasa syukur atas digelarnya peringatan Hari Santri yang diisi dengan berbagai kegiatan lomba antara para santri, Saya juga memberikan apresiasi pada santri dengan  antusias dengan semangat berkompetisi mengikuti lomba selama seminggu belakangan ini dalam rangkaian menyemarakan  Hari Santri 2023   acara,” Ujar Aba Abid.

Ditempat yang sama Ketua Forum Ukhuwah Antar Pondok Pesantren (FUAPP) Sulut, Ustat H. Muyassir Arif, mengatakan, sekitar dua ribuan santri hadir ikut dalam apel akbar.

” Kegiatan lomba Porseni dalam rangka hari santri kita pusatkan  dilokasi pesantren Darul Istiqamah Bailang, yang unik diantara lomba ada satu lomba pidato berbahasa daerah masing – masing, seperti bahasa Gorontalo, Bolmong, Ternate, Sangihe, dalam menyiarkan agama di daerahnya nanti,” Ujar Stafkhusus Gubenur Sulut tersebut.

“Untuk kegiatan apel Alhamdulillah berjalan lancar bahkan Para penggeret bendera yang dilakukan Anak-anak pondok latihannya hanya 2 hari saja,” Jelasnya pula.

Setelah upacara dilakukan devile serta atraksi pecak silat  dilanjutkan dengan  pengumuman pemenang lomba dan pemberian hadiah  kali ini Pondok Pesantren Putri Assalam  Manado menggondol juara umum dengan perolehan 5 medali emas dan 1 medali perak yang diserahkan langsung oleh bapak Kadis DPMDD mewakili bapak Gubenur Sulut.

Salah satu peserta Apel yang juga Pimpinan pesantren Nahdatul Khairat Bolaangmongondow Dr.KH.Amboh AHA Jumain, memberika Apresiasi kepada Pemerintah Provinsi yang dipimpin Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Wagub Steven OE Kandouw, yang memberikan tempat di Hari Santri ini untuk mengadakan Apel  bersama.

” Saya memberi apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sulut yang memfasilitasi tempat di mana sudah 39 tahun baru tahun ini apel Hari Santri ini di adakan di Kantor Gubenur,” Ujar Amboh Penuh Semangat

Turut hadir dalam kegiatan ini, para  pejabat Pemprov Sulut, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono S.Sos, Ketua MUI Sulawesi Utara KH. Abd Wahab Abd Gafur, Ustadz Muyassir Arif, Para pimpinan pondok pesantren, Majelit Taklim, serta perwakilan  berbagai organisasi muslim  di Sulut.

(Yudi Bastia)

 

About Marhaen

Check Also

Sambut HUT Kota Manado Sekda Micler Lakat Berharap Peserta Lomba Catur Junjung Sportivitas Dan Kekompakan Diantara ASN

ODCnews.com Manado – Jelang  HUT Kota Manado ke 401,  Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, mengadakan kegiatan  …