Tour Manado

Walikota berharap simponi jadi pusat pelatihan pertanian ///

 


CapWalikota saat melihat olahan pupuk organik cair.

ODCNews.net

Manado – Meski kota manado yang sudah mengarah pada mertropolitan, namun tetap saja terdapat lahan kosong atau lahan tidur. Salah satu pemanfaatannya untuk berhasil guna secara ekonomis, bisa dimanfaatan untuk bercocok tanam.

Hal inilah yang mendasari Simponi Sehat yang berlokasi di kelurahan tuminting memaksimalkan lahan tidur menjadi tempat bertani.

Tak urung, Kegiatan yang di lakukan Simponi Sehat ini menjadi magnet bagi sosok orang nomor 1 di kota manado. Seperti yang tampak pada Rabu (6/9/2023) Sekitar pukul 08.30 Wita, Walikota Manado Andrei Angouw Mengunjuni lokasi tersebut
Istimewahnya, lahan yang di kelolah olh Fahmi kangidenn selaku ketua kelompok tani ini berada pada kondisi lahan dan tanah domato, yang Notabene sangat sukar di tumbuhi tanaman sayur mayur.

Namun yang membuat Angouw terkejut, pada lahan minim Unsur hara ini, Tumbuh dengan sejumblah sayuran semisal Terong, kacang panjang, cabe rawit, tomat, serta mentimun, dan bawang merah.
Lebih mengejutkan lagi pemeliharaan sampai pada panennya sama sekali tidak mennggunakan pupuk kimia apapun.

Ketika di Tanya awak media, kangiden menuturkan, Semua bentuk nutrisi di olah dari sampah rumah tangga yang terfermentasi dan kemudian menjadi asupan bagi tanaman menimpali hal ini walikota manado berharap pola tanam dapat di ajarkan kepada warga.”Kalau boleh ini tampa jadi tampa warga berlatih bercocok tanam,”Ujar Angouw.

(*** )

About Marhaen

Check Also

Wali Kota AA Ajak Warga Manado  Proaktif Dalam Pengambilan Data Penduduk Oleh Petugas Pantarlih

ODCnews.com Manado – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) yang jatuh pada tanggal 27 November …