Tour Manado

Lama Fakum, Lewat Tangan Erwin Kontu Discapil Manado Fasilitasi 10 Pasangan Pengantin di Gereja GMIM Solagratia Kaiwatu

ODCNews.net
Manado – Sudah sekian lama terhenti kembali Pemerintah Kota Manado lewat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dukcapil) yang di motori Erwin S Kontu, SH melaksanakan pencatatan perkawinan.

Kegiatan yang di pusatkan di Gereja GMIM Solagratia Kaiwatu, Kelurahan Kairagi Dua, Kecamatan Mapanget, Selasa (18/7/2023).
Mendapat apresiasi yang sangat baik dari warga setempat.

Kadis Dukcapil yang didampingi oleh Adry Sondoken, S.Sos selaku pejabat fungsional administrasi database kependudukan Dinas Dukcapil Kota Manado melakukan pencatatan perkawinan terhadap 10 pasang pengantin. Nama-nama pasangan pengantin tersebut yaitu:

1. Reki Rantung dan Stince Dingalai
2.Jolly L. Senduk dan Gayatri Kambaura
3. Gallardo D. Sondonpato dan Amelia M. Wariki
4. Biondi Salindeho dan Deice Sabanari
5. Ronaldo Dalapis dan Christitia Hinombera
6. Rolando Tatimu dan Renny Monto
7. Sandry Y. Mekati dan Herlin Mangantara
8. Arlan Ratulangi dan Rani Igirisa
9. Neldi Damar dan Imelda K. Dapauntung
10.Frangklin D. Lumonang dan Stevani S. Bohang
Menurut Pdt. Cyska Majampoh Tumipa, S.Th, kesepuluh pasangan pengantin ini mendapat program nikah massal dalam rangka HUT GMIM Solagratia Kaiwatu Ke-93 Tahun.

Dalam sambutan Kadis Disdukcapil Manado
Erwin S Kontu, SH menjelaskan beberapa aturan. Aturan-aturan tersebut seperti UU No.13 Tahun 2013, Perubahan Atas UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan UU No. 16 Tahun 2019, Perubahan Atas UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Kadis Dukcapil juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait kesediaan dari setiap pasangan pengantin untuk menerima pasangan masing-masing serta menjalankan hak dan kewajiban sebagai pasangan suami istri.

Selanjutnya, para pasangan pengantin bersama saksi-saksi perkawinan yaitu pihak pria oleh Ferdy Rumambi sedangkan pihak wanita oleh Djemmy Lumingas, secara bergantian menandatangani formulir pencatatan perkawinan. Formulir ini nantinya akan digunakan untuk pembuatan akta perkawinan.

Selesai tandatangan, Kadis Dukcapil menutup acara pencatatan perkawinan dengan mengucapkan selamat berbahagia kepada para pasangan pengantin dan diakhiri dengan ketukan palu.

(*/Yudi Bastian)

 

About Marhaen

Check Also

Sambut HUT Kota Manado Sekda Micler Lakat Berharap Peserta Lomba Catur Junjung Sportivitas Dan Kekompakan Diantara ASN

ODCnews.com Manado – Jelang  HUT Kota Manado ke 401,  Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, mengadakan kegiatan  …