Tour Manado

Menjaga Kerukunan, Wali Kota Angouw Launching Kampung Moderasi

ODCNews.net
Manado – Sulawesi Utara (Sulut) khusus nya Kota Manado dikenal dengan kerukunannya untuk menjaga kebersamaan ini, kimi telah ada Kampung Moderasi, yang di Launching Wali Kota Manado  Andrei Angouw pada Selasa (18/7/2023).

Kampung Moderasi sendiri merupakan dari bagian  Binaan Penyuluh Agama Kota Manado Tahun 2023 yang dilaksanakan di lokasih Pura Jagaditha, Kelurahan Taas, Kecamatan Tikala.

Kegiatan diawali dengan doa bersama oleh 6 pimpinan umat beragama di lanjutkan dengan laporan yang sampaikan Kepala Kantor Kemenag Kota Manado Hj. Rogaya Udin S.Pd mengatakan, bahwa  kerukunan umat beragama di kota Manado hingga saat ini dalam kondis aman.

“Ini semua berkat kerjasama antara pemerintah kota Manado Kementerian Agama kota Manado serta seluruh pimpinan ormas kelembagaan,” tutur Rogaya.

Ia menambahkan, meskioun ada riak – riak kecil tetapi berkat kerjasama yan.g baik, kami langsung kumpul dan melakukan koordinasi, dan itu semua bisa diselesaikan dengan baik.

“Terima kasih banyak Pemerintah Kota Manado selama ini selalu mendukung program-program Kementerian Agama,”ujarnya.

Rogaya juga memaparkan, Kelurahan Taas terpilih sebagai Kampung Moderasi karena ini berdasarkan survei indikator utamanya adalah kerukunan kemudian kesetaraannya cukup tinggi.

“Dan ini dibuktikan ketika saya berkunjung ke sini beberapa waktu lalu pengurus di sini bilang, Puji Tuhan di sini kalau ada acara kita bisa parkir mobil di gereja maupun Masjid itu semuanya tersedia jika ada kegiatan-kegiatan keagamaan bisa parkir di rumah-rumah ibadah dan itu luar biasa,”pungkasnya.

Kepala Kemenag Provinsi Sulut KH. Sarbin Sehe, S.ag. M.Pd.I, pada kesempatan itu turut memberikan apresiasi atas perhatian Pemerintah Kota Manado yang turut menjaga toleransi yang kuat di Sulawesi Utara.

Walikota Andrei Angouw di kesempatan itu berharap agar bisa jaga terus hubungan antar umat beragama di Kota Manado tercinta ini.

“Sila pertama Pancasila KeTuhanan yang Maha Esa, negara mewajibkan seluruh warganya untuk beragama. Seluruh warga negara harus bisa mendalami dan menjalankan ajaran-ajaran agamanya,” Ucapnya.

“Saya berharap ini bisa menjadi contoh kepada dunia, bagaimana peran hidup bersama-sama dengan nyaman dengan aman, memberikan contoh seorang berkomunikasi dengan baik tidak memandang latar belakang agama karena orang ini bangsa Indonesia bangsa Indonesia bangsa yang religius. Saya berharap dengan ini kita memberikan contoh yang positif kepada rekan-rekan kita sesama bangsa Indonesia. Dengan ini saya meresmikan launching dan sosialisasi Kampung moderasi beragama binaan penyuluh Agama Kota Manado tahun 2023,” tutup Andrei Angouw .

Turut hadir, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulut KH. Sarbin Sehe, S.ag. M.Pd.I, mewakili Kapolresta Manado Wakasat Bimas AKP Nelson Tuju, mewakili Dandim 1309, Kasdim 1309  Letkol INF Dedi Junaedi SE.,Ketua BKSAUA Kota Manado Judi Tunari M.Theol, Mewakil Kejari Manado, Kasi Intel Kejari Manado Hijrah Safar, SH.,MH, Ketua MUI Kota Manado  Ketua FKUB Kota Manado Pdt. Janny Lompoliu. M.Theo., Ketua Parisada Hindu Dharma (PHDI) Sulut Ir. Suryono MT.Pastor Revi Tanid Pr. PhD. Pastor Vikep Kota Manado, Perwakilan KGPM Gembala Fetrusia Alling, Staf khusus Walikota, Kepala Badan Kesbangpol Manado Conny Lantu, Kepala Bagian Kesra Kota Manado Otniel Tewal, Camat Tikala Hendri Kontu, Lurah dan para penyuluh agama.
(Yudi Bastian)

About Marhaen

Check Also

Sambut HUT Kota Manado Sekda Micler Lakat Berharap Peserta Lomba Catur Junjung Sportivitas Dan Kekompakan Diantara ASN

ODCnews.com Manado – Jelang  HUT Kota Manado ke 401,  Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, mengadakan kegiatan  …