Tour Manado

713 Jamaah Haji Asal Sulawesi Utara Siap Menjadi Tamu Allah

ODCNews.net
Manado – Jamaah haji asal Sulawesi Utara secara resmi dilepas oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, yang diwakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Utara, Hi. Asripan Nani, pada Kamis 15 Juni 2023 siang.

Dari pelepasan tersebut diketahui bahwa sebanyak 299 jamaah yang masuk dalam kloter 16 akan diberangkatkan dari Embarkasi Transit Wisma Haji Tuminting Manado ke Embarkasi Balikpapan, pada Kamis 15 Juni 2023 malam ini.

Dari 299 jamaah haji tersebut, terdapat lima petugas dan dua pembimbing haji daerah yang ada di dalamnya.

Acara pelepasan jamaah haji asal Sulawesi Utara itu juga dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis tali kasih dari Gubernur Sulawesi Utara kepada jamaah haji.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara Hi. Sarbin Sehe mengungkapkan bahwa awalnya kuota jamaah haji berjumlah 713 orang.

Namun dalam perkembangannya, terjadi penambahan kuota hingga akhirnya menjadi 758 jamaah. “Tapi ternyata yang bisa terisi sampai saat ini adalah 753 jamaah,” ungkapnya.

Dia pun mengucap syukur kepada Allah SWT karena proses persiapan pemberangkatan ibadah haji kali ini tidak mengalami kendala berarti.

Pada sisi lain, dia mengimbau jamaah haji asal Sulawesi Utara agar tetap terus menjaga kesehatan dan tetap mengikuti instruksi petugas haji yang ada.

Apalagi, kata Kakanwil Sulawesi Utara, cuaca di Arab Saudi sedang ekstrem, baik itu di Mekah maupun Madinah.

“Untuk itu lebih baik banyak menyimpan tenaga dulu agar pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan dengan baik dan maksimal,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Utara, Hi. Asripan Nani menyatakan rasa bangganya terhadap 753 jamaah haji yang akan segera berhaji.

“Jaga kesehatan dan ikuti petunjuk petugas haji. Selamat menunaikan ibadah haji,” pungkasnya.(*/iduy)

 

 

 

About Marhaen

Check Also

Wali Kota AA Ajak Warga Manado  Proaktif Dalam Pengambilan Data Penduduk Oleh Petugas Pantarlih

ODCnews.com Manado – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) yang jatuh pada tanggal 27 November …