Tour Manado

Persiapan Haji Sulut Hampir Rampung, Tagline  Berkeadilan dan Ramah Lansia Menjadi Penyemangat Baru

ODCNews.net
Manado – Kementerian Agama terus berupaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan haji. Pada musim haji tahun 2023 yang mengusung tagline “Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia” ini, tidak lepas dari usaha untuk meningkatkan pelayanan.

Hal yang sama juga di lakukan Panitia penyelenggara haji Sulawesi Utara (Sulut).
Tahap demi tahap berbagai persiapan terus di lakukan Panitia, hingga saat ini persiapan sudah mencapai 90 Persen.

Peryataan ini di sampaikan Wakil Ketua Panitia Penyelenggaraan Haji Sulut Hi.Wahyuddin Ukoli, dari data yang ada  jemaah haji kita berjumlah 753, untuk,  Lansia   terdiri dari beberapa kalasifikasi umur usia 60-70  Tahun sebanyak 125, usia 70-80 tahun ada 97, usia 80-90 Tahun ada 21 sedangkan 91-100 Tahun ada 3. Disini Jema’ah Haji lansia akan mendapatkan beberapa fasiltas kemudahan dan pelayana khusus.

” Secara uumum  calon jemaah haji Sulut terbagi dalam tiga kloter yakni 16,17 dan kloter 18 dan tanggal 15 nantinya tiga hari lagi akan dilepas oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey bersama dengan Kakanwil Kemenag Sulut, Hi.Sabrin Sehe,” ucap Wahyuddin saat dihadapan sejumlah wartawan, Senin (12/6/2023) Sore tadi.

Dirinya juga mengatakan kembali semestinya kuota bagi sulut sebanyak 758 orang, akan tetapi sisanya belum melunasi sehingga ready hingga pemberangkatan berjumlah 753.

“Di pusat pun masih belum mencukupi dari jumlah yang seharusnya pemenuhan kecukupan kuota padahal sangat merugi jika tidak diambil. Makanya Pak Menteri Agama akan memakai sistim diskresi kalau lah itu memungkinkan, jika hak diskresi terjadi maka Sulut pasti akan ketambahan lagi,” tutur Wahyudin.

” Sementara dari sini Sulut menyiapkan petugas haji sebanyak 12 orang dan penambahan dari petugas haji daerah (phd)   4 orang atas rekomendasi Gubernur Olly Dondokambey,” tambahnya.  (*/Iduy)

About Marhaen

Check Also

Menyela.. Penutupan FBKM 2024 Berlangsung Spektakuler, AA-RS Ucapkan Trimakasih Kehadiran Masyarakat Manado 

ODCnews.com Manado – Acara Penutupan Festival Bung Karno Manado (FBKM) 2024 kali ini benar-benar berlangsung …