Tour Manado

Pesan Wagub Kandouw : Pancasila Selalu Ada Didalam Hati Sanubari, Mari Hayati dan Amalkan

ODCNews.net
Sulut -Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven OE Kandouw memimpin langsung upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2023) di Lapangan Kantor Gubernur Sulut.

Upacara pada pukul 07.45 WITA. Acara dimulai dengan laporan dari Komandan Upacara Reynaldo Waluyan.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta yang dipimpin Wagub Steven Kandouw. Dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila dan UUD 1945.

Adapun peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 kali ini mengusung tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.

Upacara diikuti oleh pejabat lingkup Pemprov, ASN, THL, dan turut terpantau hadir Ketua DPRD Provinsi Sulut Andi Silangen.

Wagub Steven Kandouw dalam arahannya menyampaikan nilai-nilai pancasila akan selalu ada di sanubari dan tetap diamalkan, hal ini berkaitan erat dalam upaya bersama memajukan daerah Sulut dan bangsa Indonesia.

Seremonial peringatan hari lahir pancasila, kata Wagub Kandouw, bermakna penting dimana kita sebagai warga negara Indonesia bersama-sama mengenang peristiwa penting dan bersejarah yang merujuk pada historis bangsa melalui sidang BPUPKI yaitu merumuskan dasar negara Indonesia.

“Menghargai pendiri bangsa dan menghayati kembali lima butir pancasila,” kata wagub.

Wagub Kandouw berpesan kiranya masyarakat harus bisa memastikan proses internalisasi nilai-nilai pancasila tetap berjalan terus.

“Begitu juga pengamalan pancasila sebagai fondasi untuk menuju negera Indonesia yang adil, makmur dan beradab,” pesan wagub.

Wagub Kandouw mengimbau jika tema hari lahir pancasila tahun ini harus bisa diimplementasikan oleh seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali.

“Membutuhkan partisipasi aktif dari individu dan semua elemen masyarakat,” imbau wagub.

Orang nomor dua di Sulut ini menekankan dalam konteks gotong royong kita dapat mengatasi semua persoalan bersama-sama dan menciptakan kehidupan yang berkelanjutan.

Di akhir arahannya Wagub Kandouw mengajak untuk tetap konsisten memperkuat pancasila sebagai pedoman berbangsa bernegara.

“Mari kita bekerja sama, kita bangkitkan kolaborasi untuk Indonesia yang lebih maju,” pungkasnya.

(*/Yudi Bastian)

 

About Marhaen

Check Also

Terima Kunker 40 Anggota Komisi IX DPR RI, Wawali Sualang Jelaskan Kondisi Kota Manado Terkini

ODCnews.com Manado -Komisi IX DPR RI yang membidangi masalah Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kependudukan, melakukan …