Tour Manado

SMA 9 Binsus Manado Siapkan 30 Personil Siswa Untuk Mengikuti Rekruitmen Calon Paskibraka 2023

ODCNews.net
Manado – Berbagai persiapan untuk mengikuti rekruitmen atau  penerimaan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2023, terus di lakukan   SMA N 9 Binaan Khusus (Binsus) Kota Manado.

Ini terlihat, keseriusan 30 Siswa terpilih  hasil seleksi dari  Kelas 10 terus melakukan latihan dibawah bimbingan Guru, dan para Purna bakti yang ada di sekolah tersebut.

Menurut kepala Sekolah SMA 9 Binsus Manado  Drs. Meydi Reihold Tungkagi MSi, untuk SMAN 9 Manado sudah sangat siap dalam mengikuti seleksi penerimaan calon Paskibraka 2023, baik itu tingkat Provinsi Sulut  Maupun Kota Manado.

“Untuk SMA Kami telah menyiapkan 30 Personil Siswa maupun Siswi yang kini berada di Kelas 10 sesuai persyaratan yang berlaku,walaupu ada sedikit kendala terkait usia  beberapa siswa yang belum cukup umur, namun  tak mengendorkan para Calon Paski ini untuk terus berlatih ,” Ujar Kepsek Meydi.

Kepsek ini pun melanjutkan tiap
Tahun Sekolah  kami selalu ada utusan Paskibraka baik yang bertugas di Provinsi Maupun Kota Manado dan prestasi ini akan terus kami pertahankan.

Sementara itu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Manado melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan rekruitmen atau  penerimaan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2023 di SMAN 9 Manado, Rabu (01/03/23).

Kaban Kesbangpol Kota Manado Conny Lantu memberikan apresiasi buat Kepala Sekolah SMAN 9 Manado bersama jajaran yang sudah memberikan kesempatan buat tim dari Kesbangpol Kota untuk mensosialisasikan terkait penerimaan calon Paskibraka tahun 2023.

Dijeaskan, kalau sebelumnya Dinas Pemuda dan Olahraga yang menangani terkait Paskibraka ini. Tapi pada tahun 2023 ini sudah berada di Kesbangpol kalau di Pusat langsung ditangani BPIP.

“Sebenarnya sesuai Perpres No 51 Tahun 2022 kalau mengikuti anggaran sudah berada di Kesbangpol namun pengusulan anggaran harus 1 tahun sebelumnya, jadi Kesbangpol mengusulkan di tahun 2022 dan realisasinya pada tahun 2023 ini, dan itulah hingga kami berada disini,” terang Lantu.

Lagi jelas Lantu, Perpres no 51 Tahun 2022 untuk kegiatan rekruitmen dilaksanakan oleh Kesbanhpol karena tahun ini tidak hanya dilatih untuk Paskibraka namun yang terpilih akan dikukukan senagai duta Pancasila Purna askibraka dan akan  menjadi kader-kader bangsa.

“Dan silahkan mendaftar di paskibraka.bpip.go.id dengan usia mimimal 15 tahun saat pendaftaran dan maksimal 19 tahun dan semuanya sesuai petunjuk teknis BPIP. Tinggi badan untuk Putri Kota Manado tinggi 160-165 cm dan Pria 165-170  dan nanti untuk 2 orang yang terpilih akan diutus ke tingkat provinsi dengan tinggi Putri 165-170 cm Putra 170- 180,” terangnya.

“Mulai tahun 2023 ini untuk perekrutan calon Paskibraka melalui aplikasi secara online yang dimulai dari 17 Februari hingga 03 Maret  2023, dan ini berlaku di Seluruh Indonesia,” ujar Lantu.

(Yudi Bastian)

About Marhaen

Check Also

Gelar Upacara HUT Ke-401 Kota Manado,  Walikota Angouw  Berharap Masyarakat  Bergerak Cepat  Menjadikan Kota Manado Lebih Baik

, ODCnews.com Manado – Pemerintah Kota Manado mengadakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT Kota …