Tour Manado

Cegah Banjir Pengerjaan Anak Sungai Mahawu Mulai Eksen, Ini Penuturan Kadis PUPR Manado. ODCNews.net

ODCNews.net
Manado – Setelah diadakan sosialisasi eksen Pemerintah Kota Manado, dalam mengadakan revitalisasi anak sungai di Kelurahan Mahawu Kecamatan Tuminting kini mulai memasuki tahap pengerukan.

Pekerjaan yang dilaksanan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Manado Senin (13/2/2022) mulai terbukti dengan diturunkannya alatberat dalam melakukam pengurukan sungai Mahawu.

Saat di temui Kepala Dinas PUPR Kota Manado Johny Suwu  mengatakan, pengerukan serta pelebaran anak sungai Mahawu di lakukan secara bertahap, ini untuk kebaikan Masyarakat yang selalu mengalami bencana banjir, di kali mendatang.

“Untuk penanganan jangka pendeknya, seperti yang kita lihat saat di lapangan, dilakukan penanganan darurat bencana. Kita mencegah jangan terjadi lagi luapan air,” kata Suwu.

Suwu juga menjelaskan, terjadinya luapan air anak sungai Mahawu disebabkan juga oleh sendimentasi.
“Untuk mengantisipasi penanganan darurat kita lakukan pelebaran dan pengerukan anak sungai. Jadi lahan mana yang sudah siap itu yang kita kerjakan,” paparnya.

Ditambahkannya, setelah pekerjaan pengerukan dan pelebaran, Dinas PUPR berkolaborasi dengan pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) untuk memasang Bronjong di sepanjang anak sungai Mahawu.

“Setelah proses pelebaran selesai, kita akan buat pengamanan dengan pembuatan Bronjong. Dan ini kita berkolaborasi dengan pihak BWS,” pungkas Suwu.

Sementara itu, Ketua Komisi 3 DPRD Kota Manado Rony Makawata bersama Sekertaris Komisi Roy Anter dan Mona Kloer telah mengunjungi 2 lokasi yang saat ini jadi perbincangan hangat yaitu rumah relokasi Pandu serta Kelurahan Mahawu.
Dari kunjungan tersebut menurut Makawata masih ada beberapa kendala yang ditemukan dilapangan.

“Di Pandu kami menemukan masih ada beberapa kendala diantaranya masih ada Infrastruktur jalan yang rusak yaitu di blok M yang dalam perencanaan akan dipindahkan sebagian warga yang ada disini, dan kita sudah berkoordinasi dengan pihak PU dan Perkim dan sudah ditindak lanjuti,” ujar Makawata.

Makawata menambahkan, revitalisasi anak sungai Mahawu diharapkan dapat meminimalisir terjadinya luapan air.

“Paling kurang kita bisa mengamankan sedikit warga dari bencana banjir barusan tidak terjadi lagi,” pungkasnya.

Turut hadir dilokasi, Kepala Satua Polisi Pamong Praja (SatPolPP) Kota Manado Yohanis Waworuntu bersama Asisten 2 Atto RM Bulo.

Hingga menjelang malam, alat berat Eksator dan dumptruk Dinas PUPR masih terus mengangkat material sampah dan sendiment dari anak sungai Mahawu.

(*/Bastian)

About Marhaen

Check Also

Gelar Upacara HUT Ke-401 Kota Manado,  Walikota Angouw  Berharap Masyarakat  Bergerak Cepat  Menjadikan Kota Manado Lebih Baik

, ODCnews.com Manado – Pemerintah Kota Manado mengadakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT Kota …