Tour Manado

Wagub Kandouw : Tulude Sangat Menginspirasi Contoh Kita Untuk Selalu Bersyukur, Memohon Ampun, Meminta Petunjuk Kepada Tuhan.

ODCNews.net
Sangihe – Perayaan Upacara tulude merupakan acara sakral yang dilakukan sebagai rasa syukur atas segala berkat terhadap Mawu Ruata Ghenggona Langi (Tuhan yang Mahakuasa), tradisi Masyarakat Kepulauan Nusa Utara yang meliputi Sangihe, Talaud, dan Sitaro, Sulawesi Utara.
Perayaan tulude tahun ini yang dirangkaikan dengan kegiatan dengan HUT ke-598 Kabupaten Kepulauan Sangihe, Selasa (31/01/2023) di gelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sangihe. Hadir dalam perayaan adat tersebut Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandouw.

Dalam Sambutan Wagub Kandouw mengatakan, kegiatan Tulude ini sangat menginspirasi dimana substansinya adalah Kontemplasi, Introspeksi, Evaluasi terhadap apa yang telah dilalui pada tahun 2022 lalu dan bagaimana kita akan menjalani di tahun 2023 ini agar kita mendapat pijakan-pijakan yang betul dan stempel yang mantap dalam menatap ke depan.

“ Kegiatan Tulude ini telah dilaksanakan secara turun-temurun selama ratusan tahun dan sangat menginspirasi dan ini merupakan suatu contoh untuk kita selalu bersyukur sembari memohon ampun kepada Tuhan dan selalu terus meminta petunjuk kepada Tuhan,” tuturnya.
Menghadapi tahun 2023 ini, lanjut orang nomor dua di Sulut ini, kita semua akan diperhadapkan dengan berbagai tantangan. Namun sesuai dengan semboyan masyarakat Sangihe, Somahe Kai Kehage yang menggambarkan bahwa masyarakat Sangihe memiliki etos kerja tinggi dan tak mudah menyerah, optimis menghadapi tantangan dan hambatan.

“Mari terus kita mantapkan persaudaraan kita, gotong-royong kita, kebersamaan kita, tekad bulat kita bersama. Dari Pemerintah Provinsi Sulut, Kabupaten hingga di desa dan seluruh masyarakat. Saya menghimbau kita semua singkirkan perbedaan-perbedaan, latar belakang warna afiliasi politik kita,” pintanya.

“Namun untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat mutlak adanya. Mari kita duduk bersama ciptakan dasar SDM yang kuat dan lingkungan yang baik bagi anak cucu kita. Memiliki visi yang sama untuk Kabupaten Kepulauan Sangihe yang kita cintai. Sekali lagi atas nama Pak Gubernur dan segenap masyarakat Sulut mengucapkan selamat HUT Kabupaten Sangihe,” tutup Wagub Kandouw.
Puncak acara Steven Kandouw bersama Penjabat Bupati Sangihe, Rinny Tamuntuan dan Ketua DPRD Sulut, Fransiscus Silangen, membaur bersama warga menari Ampa Wayer.
(*/Iduy)



About Marhaen

Check Also

Gelar Upacara HUT Ke-401 Kota Manado,  Walikota Angouw  Berharap Masyarakat  Bergerak Cepat  Menjadikan Kota Manado Lebih Baik

, ODCnews.com Manado – Pemerintah Kota Manado mengadakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT Kota …