Tour Manado

Kumpul Pejabat Pemprov Sulut, Ini Respon Wagub Kandouw Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK RI


ODCNews.net
Sulut -Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven OE Kandouw memimpin Rapat Penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK RI di ruang CJ Rantung, Selasa (25/10/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Inspektorat Daerah Provinsi Sulut ini bertujuan untuk menindaklanjuti Rekomendasi Hasil Temuan atau Pemeriksaan BPK RI terhadap Laporan Keuangan Daerah Provinsi Sulawesi Utara T.A. 2021.

Dalam arahannya, Wagub Steven Kandouw mengatakan bahwa sukses tidaknya suatu program, mulai dari awal sampai akhirnya adalah satu kesatuan.

“Tidak dilihat dari bagus tidaknya perencanaan, baik tidaknya pelaksanaan, atau mungkin perencanaan dan pelaksanaannya baik tapi pertanggungjawabannya kurang baik, ini merupakan acuan untuk kita semua,” ucap Wagub Kandouw.

“Laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK RI ini harus ditindaklanjuti dalam jangka waktu pendek, tepatnya dua minggu kedepan harus tuntas,” sambungnya.

Lebih lanjut Wagub menekankan kepada seluruh kepala Perangkat Daerah untuk memiliki tekad yang kuat dan bertanggungjawab untuk menyelesaikan LHP tersebut.

“Ini perintah pak Gubernur, pun perintah Undang-Undang. Segera diselesaikan, sebisa mungkin 100 persen,” tegasnya.

Dalam kesempatan, Wagub juga mengingatkan terkait program dan kegiatan yang telah memasuki akhir tahun anggaran 2022. Setiap Perangkat Daerah dituntut untuk segera merealisasikan program kerja dengan baik, sekaligus mempertanggungjawabkannya.

Olehnya Kepala Perangkat Daerah diwajibkan untuk melakukan pengawasan secara langsung, bukan hanya menerima laporan dari anak buah, tapi juga turun langsung melakukan pemeriksaan terhadap program kerja tersebut.

Sebelumnya, Inspektur Daerah mengimbau kepada rekan-rekan Kepala Perangkat Daerah untuk dapat menyelesaikan data-data terkait pekerjaan selama setahun. Dan bagi Perangkat Daerah yang memiliki kegiatan besar diharapkan dapat melakukan koordinasi dengan Inspektorat untuk mendapatkan pendampingan terhadap proyek-proyek termasuk PU, Perkim, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, maupun dinas-dinas lain, agar tidak ada temuan-temuan terkait finansial dan administrasi.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Sulut. (*/Iduy)

About Marhaen

Check Also

Wali Kota AA Ajak Warga Manado  Proaktif Dalam Pengambilan Data Penduduk Oleh Petugas Pantarlih

ODCnews.com Manado – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) yang jatuh pada tanggal 27 November …