Tour Manado

Sekot Micler : Diklat Pim II Diharapkan SDM Para Pejabat Pemkot Manado Lebih Berkualitas



ODCNews.net
Manado -Sekretaris Daerah Kota Manado Dr. Micler Lakat, S.H., M.H mendampingi dan menjadi Mentor bagi Pejabat Eselon Dua yaitu Kepala Badan (Kaban) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Donald F Supit yang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan II di Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Yogyakarta, Selasa (27/09/22).

Kepada sejumlah media Sekdakot Micler Lakat mengatakan untuk hari ini tahap I Kepala BKPSDM Kota Manado telah berhasil memaparpan Projek Perubahannya dengan judul “Optimalisasi Strategi Pengembangan Budaya Aparatur Sipil Negara Kreatif Dan Inovatif (Bunaken) Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik”.

“Lewat Diklat Pim II sumber daya manusia atau SDM para pejabat eselon II dilingkup Pemkot Manado lebih berkualitas, bukan hanya kwalitas Daerah, Nasional, tapi menjadi Birokrat yang berkualitas dunia dengan demikian Pelayanan Publik akan lebih cepat, tepat, transparan serta bermutu,” terang Sekot Micler Lakat..

Diketahui yang mengikuti Diklatpim II angkatan ini ada 5 Pejabat Eselon II yaitu : 1.Kaban Bapenda (di Pusdiklat LAN-R.I. di Samarinda). 2.Kasat POL P.P.(di Pusdiklat LAN-R.I. di Samarinda) 3.Kadis Kominfo di Samarinda 4.KadisPertanian(di Samarinda) danKe-5.Kaban BKPSDM(diPusdiklat LAN-R.I. Yogyakarta.

Kaban BKPSDM Kota Manado Donald F Supit (Foto: ML)
Tujuan Penyelenggaraan Diklatpim Tingkat II adalah meningkatkan kompetensi kepemimpinan pejabat struktural eselon II yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

Kompetensi yang dibangun pada Diklatpim Tingkat II adalah kompetensi kepemimpinan strategis yaitu kemampuan menetapkan strategi kebijakan instansinya dan memimpin keberhasilan implementasi strategi kebijakan tersebut, yang diindikasikan dengan kemampuan:

1. Mengembangkan karakter dan sikap perilaku integritas, berwawasan kebangsaan, menjunjung tinggi standar etika publik sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan, kemampuan untuk taat pada nilai-nilai, norma, moralitas dan bertanggung jawab dalam memimpin unit instansinya;
2. Merumuskan strategi kebijakan yang efektif untuk mewujudkan visi organisasinya;
3. Melakukan kolaborasi secara internal dan eksternal dalam mengelola tugas-tugas organisasi kearah efektifitas dan efisiensi penerapan strategi kebijakan unit instansinya;
4. Melakukan inovasi sesuai bidang tugasnya guna mewujudkan strategi kebijakan yeng lebih efektif dan efisien;
5. Mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya internal dan eksternal organisasi dalam implementasi strategi kebijakan unit instansinya. (Iduy/*)


About Marhaen

Check Also

Sambut HUT Kota Manado Sekda Micler Lakat Berharap Peserta Lomba Catur Junjung Sportivitas Dan Kekompakan Diantara ASN

ODCnews.com Manado – Jelang  HUT Kota Manado ke 401,  Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, mengadakan kegiatan  …