Tour Manado

Gubernur Olly Serahkan Benih Cabai F1 Hibrida Puncak Peringatan Hut Provinsi Sulut Ke-58

ODCNews.net
Sulut – Sektor Pertanian menjadi salah satu andalan dalam menopang ekonomi negara terlebih FC di Sulawesi Utara (Sulut) yang telah berhasil dalam melewati berbagai tantangan krisis global. Hal tersebut diutarakan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutan Pada Peringatan Hut Provinsi Sulut yang Ke-58 baru-baru ini.

Namun menurutnya
kondisi itu bukan berarti aman mengingat covid dan perubahan cuaca masih terus berlangsung untuk itu tetap di waspadai.
Untuk menggenjot hal tersebut Gubernur Olly tetap memberi semangat kepada para Warga terlebih Petani di Sulut dengan slogan “Manjo Ba Kobong, untuk itu Gubernur menyerahkan bantuan bibit kepada para kelompok tani di Sulut salah satunya bibit cabe atau dikenal dengan nama lokal rica keriting dari PT.Agrosid.

Menurut pakar pertanian Boby Muaya cabai yang diserahkan Gubernur Olly merupakan jenis cabai F1 Hibrida, cabai ini merupakan Benih yang hasil seleksi ketat dari para pemula tanaman, dan cabai ini cocok untuk ditanam di daerah kita.

“Cabai ini dihasilkan dari penelitian dan riset sehingga didapatkan benih yang bagus Warna buah merah menyala saat matang Buah lebat dan besar (45-55 buah/kg) Umur panen: +- 85 HST Kemurnian: 98% Daya berkecambah: 85-90%.” Ujar Pria yang sempat mendapat Penghargaan Petani Terbaik Oleh Presiden Soeharto tersebut.

“Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada Pemeritah Sulut terlebih kepada Pak Gubenur Olly dan Wagub Steven telah mempercayakan produk kami pada acara puncak hut provinsi ke 58 ini.”Ujarnya pula.

Di tempat yang sama Petani Handal dari Minahasa yang juga sebagai  Hukumtua desa Toure Alvian Mokalu dan Hukumtua desa Toure dua Bapak Sammy Oping megatakan, kami sudah mencoba jenis cabai ini dan berhasil dengan baik,  bahkan hasilnya lebih dari yang kami bayangkan.

“Kami juga lagi kembangkan jenis tanaman Tomat Oragi F1 Hibrida dan Padi Supadi 89.” Ujar mereka.

Kami juga lagi mengembangkan prodak dari PT.Agrosid ini beberapa tempat seperti Minahasa,Minahasa Utara,Minhasa Tenggara, Minahasa Selatan, Bolmong, Bolmut semua berhasil degan baik ,”  Ujar pemerhati Pertanian  Farlly  Pantouw (Yudi)

About Marhaen

Check Also

Wali Kota AA Ajak Warga Manado  Proaktif Dalam Pengambilan Data Penduduk Oleh Petugas Pantarlih

ODCnews.com Manado – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) yang jatuh pada tanggal 27 November …