Tour Manado

Ini Alasan Dua SDN Bunaken Kepulauan Merger, Apa Tanggapan Masyarakat di Sana.

 

ODCnews.net
Manado- Pemerintah Kota Manado. melalui Di nas Pendidikan berencana akan mengambungkan (Merger) dua Sekolah Dasar (SD) Negeri yang berada di Kelurahan Bunaken Kepulauan Sekolah tersebut yakni SDN 01 Bunaken dan SDN Inpres.
Mergernya dua sekolah ini mendapat respon positif dari orang tua murid serta masyarakat setempat.

Hal tersebut terungkap saat sejumlah wartawan melakukan kunjungan ke Pulau Bunaken dan bertemu dengan orang tua murid, Kepala Sekolah serta Tokoh masyarakat setempat, Selasa (20/06/22).

Juliana Surupati salahsatu orang tua murid dari SD Inpres saat diminta tanggapan terkait merger dua sekolah tersebut tidak menolak atau mengeluh dilakukan merger.

“Yang pastinya sebagai masyarakat biasa apa yang sudah dilakukan pemerintah Kota Manado itulah yang terbaik untuk masa depan anak-anak kami,” ungkap Surupati dengan harapan anak-anak harus pinter dan belajar dengan baik dimanapun anak itu bersekolah.

Sama halnya dengan Dion Moyo yang juga orang tua murid, dirinya sangat mendukung program Pemerintah Kota Manado, karena apa yang dilakukan pemerintah itulah yang terbaik untuk masyarakat termasuk penggabungan dua sekolah tersebut.

“Intinya apa yang sudah dilakukan pemerintah itulah yang terbaik dan tentunya kami sebagai masyarakat kepulauan Bunaken wajib untuk mendukung,” ucapnya.

Sementara Kepala Sekolah SD Inpres Bunaken Anita Lunggala sangat mendukung apa yang dilakukan Pemkot Manado, karena tentunya langkah merger ditempuh sebagai peningkatan sistem pembelajaran dan pengelolaan sekolah agar lebih efektif dan effisien, karena dipimpin langsung satu kepala sekolah.

“Itu juga dapat menghindari persaingan antar kepala sekolah jika berdekatan yang berdampak buruk pada iklim proses belajar mengajar,” ujar Lunggala yang saat ini sudah dilantik menjadi Kepsek di Pulau Siladen.

Dijelaskan Lunggala, dilakukan merger bukan lantaran jumlah muridnya tapi ada juga beberapa faktor penyebab diantaranya dekat dengan gardu PLN yang menimbulkan kebisingan, sering terjadi banjir saat hujan.

“Selain itu juga tentunya ada pertimbangan lain dari pemerintah karena apa yang sudah pemerintah pikirkan dan perbuat itulah yang terbaik dan wajib untuk didukung,” terangnya.

Memang, kata Lunggala, awalnya orang tua merasa kaget termasuk guru-guru tapi itu memang harus diterima tidak boleh tidak.

“Terkait merger ini, saya juga sudah jelaskan kepada orang tua murid waktu ada pelepasan kelas 6 dan penerimaan hasil rapor kelas 1-5 bahwa orang tua sudah dengar-dengar ada isu merger dan itu memang benar dan harus diterima,” jelasnya.

Diketahui, SD Inpres dan SDN 01 Bunaken Kota Manado bakal digabungkan atau sistem merger oleh Dinas Pendidikan setempat. Hal ini dilakukan agar sistem pembelajaran dan pengelolaan sekolah lebih efektif dan effisien. (iduy/*)

About Marhaen

Check Also

Gelar Upacara HUT Ke-401 Kota Manado,  Walikota Angouw  Berharap Masyarakat  Bergerak Cepat  Menjadikan Kota Manado Lebih Baik

, ODCnews.com Manado – Pemerintah Kota Manado mengadakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT Kota …