Tour Manado

DPKP Kota Manado  Terus Sosialisasi Masyarakat  Mulai Demam Sistem Pertanian Hidroponik


ODCNews.net
Manado-Keterbatasan lahan diPerkotaan ternyata bukanlah hambatan untuk bertani. Dengan sistem pertanian hidroponik hambatan lahan bisa diatasi dengan hasil yang tak kalah bagusnya dengan sistem pertanian konvensional.

Melihat peluang tersebut Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Manado mengelar Pelatihan Penerapan Teknologi Urban Farming Tahun 2022. di salah satu balai pertemuan  Kelurahan Paal 4  Kamis (09/06/2022)

Seperti yang diutarakan  Kepala Dinas  DPKP Kota Manado, M Sofyan A. M.Si.
menurutnya kegiatan ini merupakan lanjutan setelah pada waktu lalu DPKP Kota Manado telah melaksanakan
Launching “Gerakan Menanam Dengan Sistem  Hidroponik”
Selain itu pelatihan dengan menghadirkan para pembicara  yang berkompeten dalam bidang pertanian Teknologi Urban Farming.

“Menanam dengan sistem hidroponik di wilayah perkotaan seperti kota manado merupakan satu peluang bagus dan menjanjikan,”Ujar Kadis Sofian.

” Dalam kegiatan, kami juga menghadirkan pihak perbankan dalam hal ini BRI Cabang Manado untuk membantu para pelaku usaha Urban Farming ini dalam hal permodalan kredit usaha rakyat (KUR) namun sebelum mendapatkan KUR ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dengan bunga yang sangat rendah,” ujarnya pula.

“DPKP Manado juga akang bekerjasama dengan TP.PKK Kota Manado, BKSAUA, FKUB serta organisasi2 kemasyarakan termasuk organisasi yang baru di bentuk yakni Maporina (Masyarakat petani dan Pertanian Organik) untuk terjun ke kecamatan dan kelurahan mensosialisasikan menanam dengan pola tanam hidroponik.”pungkasnya pula.

Sementara itu salah satu perwakilan peserta dari  TP.Kota Manado  mengatakan, kegiatan seperti ini sangatlah penting dan bermanfaat untuk diterapkan di kecamatan dan lingkungan diwilayah kita masing- masing dalam pemanfaatan pekarangan dalam bercocok tanam dengan sistem hidoponik, untuk itu kita masih butuh pendampingan agar bisa lebih mengerti”.ujar ibu Telce yang juga koordinator bidang tiga TK.Kota Manado.(iduy)

About Marhaen

Check Also

Wali Kota AA Ajak Warga Manado  Proaktif Dalam Pengambilan Data Penduduk Oleh Petugas Pantarlih

ODCnews.com Manado – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) yang jatuh pada tanggal 27 November …