Tour Manado

Kadis Pertanian Sulut Bersama Ketum ODC Tatap Muka Petani Tompaso dan Tanam Jagung Hibryda.

ODCnews.net
Tompaso – Upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi utara dibawa kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw, untuk terus menggenjot sektor pertanian dalam memenuhi Ketahanan Pangan di Sulut terus dilakukan.

Salah satunya dengan cara lebih mendekatkan diri kepada para petani, menggali informasi, mencari solusi dan kendala yang dijumpai serta berbagi ilmu dengan menghadirkan para penyuluh pertanian.



Seperti yang dilakukan Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara bersama Olly Dondokambey Center (ODC) saat melakukan penanaman jagung hibryda di Kecamatan Tompaso Raya, Minahasa tepatnya di desa Tou Ure. Sabtu (28/11/2021)

Hadir dalam penanaman tersebut Kadis Pertanian dan Peternakan Sulut Ir.Novly Wowiling M.Si, Ketua ODC Indonesia Ferry Wowor, Camat Tompaso Barat Stefli Vendra Pandey dan Camat Tompaso Stenly David, Penyuluh Petani dari PT. Agrosid Boby Muaya dan Pemerhati Pertanian Farlly Pantouw
bersama Tokoh Masyarakat danpara perwakilan kelompok Tani.

Dalam kesempatan tersebut Kadis Pertanian Novly Wowiling mengatakan, kita tahu persis dalam situasi Pandemi Covid-19 ini sektor pertanian menopang pertumbuhan ekonomi yang ada di Provinsi Sulut, pertumbuhan ekonomi di Sulut bertumbuh 1,87 persen di semester pertama tahun ini.

“Tentunya ini sangat membanggakan dari 10 provinsi yang pertumbuhan ekonominya positif, Sulut berada di rangking kelima dan pertumbuhan ekonomi kita merata di 15 kabupaten kota,” ujar Kadis Wowiling.

“Untuk itu saya berharap agar para petani lebih giat lagi dalam meningkatkan hasil produksi pertaniannya,” tambahnya pula.

Sementara itu Ketua Umum ODC indonesia Ferry Wowor dalam kesempat menceritakan pengalaman dan kelebihan para petani dinegara maju, yang memanfaatkan teknologi dan infrastuktur.

” Semoga petani di Sulut bisa mengambil contoh keberhasilan mereka, tak kala penting akses jalan untuk mengangkut hasil pertanian dan irigasi serta ketersediaan bibit dan pupuk,” ujar Ketum ODC sambil sesekali bercanda dengan para petani.

Ditempat yang sama Ari Turangan salah satu tokoh masyarakat dan petani tompaso ini mengucapkan terimakasih
atas perhatian pemerintah Sulut kepada para petani yang ada di tompaso yang dikenal sebagai sentra tanaman hortikultura di Sulut.

“Mewakili petani yang ada disini saya mengucapkam terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sulut dalam hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan sulut serta Ketum ODC yang telah banyak memberi kontribusi kepada petani di sini,” Ujar Pensiunan Pegawai Pertamina ini.

Kegiatan ditutup dengan penanaman jagung hibryda dilahan yang telah disiapkan oleh para petani (iduy)

About Marhaen

Check Also

Walikota Angouw Berharap Sinergitas Tokoh Agama Dan Perintah Berjalan Baik, Toleransi Itu Tak Perlu Di Acarakan Tapi Di Praktekan Kemasyarakat

  ODCNews com Manado – Walikota Andrei Angouw berharap sinerjitas Toko Agama dengan Pemerintah Kota …